Monday, December 19, 2016

Ternyata 5 Warisan Budaya Indonesia ini Sudah Mendunia

Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga Toppers, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam dan budayanya. Tak hanya memberikan panorama alam yang indah, Indonesia juga menawarkan keanekaragaman budaya dari Sabang sampai Merauke. Indonesia sendiri tercatat sebagai salah satu negara paling kaya akan budaya di dunia loh!

Kerennya lagi, kekayaan budaya Indonesia ini ternyata sudah diakui oleh dunia loh Toppers. Buktinya, beberapa warisan budaya Indonesia sudah tercatat oleh UNESCO dan bahkan warga luar negeri pun turut mempelajari budaya-budaya Indonesia loh! YukToppers langsung aja simak warisan-warisan budaya Indonesia yang telah mendunia berikut ini.

Wayang
Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal oleh masyarakat dunia. Bahkan kini sudah banyak orang asing yang turut mempelajari kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini.

Wayang sendiri merupakan seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang dan biasanya diiringi alunan musik gamelan. Kisah-kisah yang biasa dimainkan dalam pertunjukkan wayang adalah kisah tentang para punakawan seperti Petruk, Semar, Bagong, Gareng.



Batik
Siapa yang tidak mengenal budaya Indonesia satu ini? Seperti yang kita tahu, kini batik tengah banyak diminati karena keunikan coraknya. Tak hanya itu pembuatan batik yang rumit terutama batik tulis menjadi daya tarik tersendiri. Keindahan dan keunikan batik inilah yang menjadikan batik sebagai warisan budaya dunia (world heritage) yang telah diakui oleh UNESCO pada Oktober 2009. Kerennya lagi, kini budaya kebanggaan Indonesia ini sudah banyak dipakai oleh warga asing, termasuk selebriti dunia seperti Paris Hilton, Jessica Alba, dan Dakota Fanning!



Angklung
Angklung merupakan alat musik bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Angklung Indonesia telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat pun diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi kepada Menteri Pendidikan Nasional pada masa itu, yakni Muhammad Nuh.

Angklung pun ternyata digemari di luar negeri, negara-negara seperti Korea, Jepang, dan Malaysia telah mengenalkan angklung pada anak-anak usia sekolah.



Keris
Senjata yang sering digunakan oleh raja-raja di Indonesia pada masa lampau ini ternyata juga menarik minat masyarakat dunia. Hal ini dibuktikan dengan diakuinya Keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” oleh UNESCO pada tanggal 25 November 2005. Keris sendiri telah digunakan sejak abad ke-9 dan dibuat dari logam. Kini keris sendiri telah menjadi salah satu benda yang banyak dikoleksi oleh para pecinta seni.



Reog Ponorogo
Kesenian yang berasal dari Jawa Timur ini merupakan seni tarian yang menggunakan topeng dadak merak, yakni topeng berkepala harimau yang di atasnya terdapat bulu-bulu merak. Keunikan Reog Ponorogo inilah yang membuat Reog Ponorogo sempat diklaim oleh negara tetangga sebagai budaya mereka.



Wah, nggak nyangka ya Toppers ternya budaya Indonesia sudah dikenal oleh negara-negara di dunia. Pastinya jadi makin bangga dong jadi warga negara Indonesia. Tapi kamu nggak cuma harus bangga Toppers, tapi juga harus ikut melestarikan budaya tersebut agar tidak hilang ya. :D